Wednesday, September 18, 2013

MASTERPIECE IS IN FAMILY - ICERENICEZZ HANNA



         





Gue adalah anak pertama dan merupakan gadis perkakas diantara kedua saudara gue (re: perkakas-perkasa). Gue selalu berangan-angan ‘kapaaaaan? Kapaaaaaan gue bisa punya kakak cowok.’ Dan sumpah kalo bisa buat permintaan pas sweet seventeen gue pengen banget minta sama Tuhan biar diberikan seorang kakak cowok. Tentu saja , bokap sama nyokap pasti mikir, yaudah anak-anak balik kesurga dulu biar papa sama mama buat kakak cowok , baru deh kalian semua lahir kembali. Dan tentu saja itu ga semudah kita berkhayal pemirsa. Ini bukan jaman doraemon yang waktu bisa lu buat jungkir balik.

            Walaupun gue seorang gadis bukan berarti gue selalu bermanja-manja. Keluarga gue selalu mengajarkan masing-masing pribadi dari kami untuk menjadi manusia yang bisa  mandiri (mandi sendiri) dan berdikari (berdiri dikaki sendiri). Untuk menjadi pribadi yang berdikari , gue heran yaiyalah pasti gitu. Mana ada kan jasa peminjaman kaki? Ga ada. Siapa yang mau sewain kakinya kaya nge-kos gitu, ada gak?

            Ada hal yang ga pernah bisa gue lupain seumur hidup gue. Waktu itu gue masih berumur sekitaran 9 tahun. Tepat setelah sholat idul fitri , tetangga gue datang bersilahturahmi dirumah. Gue ga sengaja denger perbincangan mereka dengan bonyok (re; bokap nyokap) gue (padahal gue biasanya suka nguping). Waktu itu mereka pada nge-bicaraan gue.



Tetangga         :          Jadi bos. Berapa anak buah?
Papa                :          Alhamdulillah sudah tiga anak buah.
Tetangga         :          Sekolah dimana semua? Yang besar siapa?
Papa                :          Hana yang paling besar, dia sudah SMP.

Terus gue tiba-tiba aja dipanggil dan disuruh nganter minuman. Tahu ga pas gue muncul tetangga gue bilang apa?

Tetangga          :          eh, ini hana? Sudah besar. Saya kira dia ini laki-laki.

            Seketika hati gue menjerit. Emangnya tampang gue kayak cowok? (membuka album foto dengan mata melotot). Atau mungkin gue berotot? Engga! Atau gue berkumis dan bahkan badan gue bidang? Engga. Gue heran sama tetangga gue sampai bisa berpikiran kalau gue adalah seorang laki-laki.

            Jika mau flashback kembali ke beberapa tahun yang lalu, masa kecil gue emang terbilang masa kecil paling ekstrim. Entah mengapa gue tergabung dengan klub sepakbola keseblasan se-RT dan RW. Bagaimana bisa? Tiap sore gue ingat bokap gue suka banget ngajak gue main sepakbola di pekarangan rumah sampai semua bunga-bunga koleksi nyokap gue hancur berantakan.
            Emang keren. Gaya gue waktu itu seperti diego michiels ah engga mungkin seperti lionel messi. Tapi sayang gue seorang cewek dan di sebut-sebut ‘si ronaldowati’ padahal gue ga botak. Mau disebut tarzan karena gue gondrong tapi gue ga berotot dan gue ga se-species dengan hutan.



            Jangankan main sepakbola, gue bahkan suka main perang-perangan sama mereka. Gue ingat waktu itu , kalo kita main perang-perangan pasti kita pada nongkrong di jurang samping rumah. Disitu banyak pohon-pohon pepaya dan pisang kita saling lempar batu dan mendadak gue berasa seperti orang hutan.

            Meskipun begitu, gue bahagia bisa terlahir dikeluarga gue. Bukan berapa besar rumah yang kita punya, bukan berapa banyak gaji bokap gue , bukan seberapa hebat nyokap gue masak ngalahin master chef, tapi ini berbicara tentang KEBERSAMAAN , KASIH SAYANG DAN KENANGAN yang kita buat bersama. Tentu saja itu alasan mengapa gue ga lulus SNMPTN di UNHAS – universitas hasanuddin. Tuhan ga ngijinin gue buat ninggalin rumah.



******

No comments:

Post a Comment

Leave comments here!