Saturday, April 23, 2016

“INTERNET DAN IBU MUDA ITU BERJODOH.” - Hanna Enka




Genre   : Inspiratif



Siapa bilang, jadi seorang Ibu rumah tangga yang sibuk berjibaku dengan Anak-anak, Suami dan pekerjaan rumah tidak bisa membuat kita berekspresi? Itulah kenapa, seorang Ibu muda yang lebih aktif, inovatif bisa lebih kreatif berkarya dengan adanya internet. Mereka berjodoh!

 Hari ini, teknologi yang semakin canggih, hidup pun menjadi lebih praktis. Banyak kesempatan yang terbuka lebar untuk bekerja dari rumah. Internet adalah media yang digunakan sebagai kendaraan yang mambawa kita untuk merealisasikan semua keinginan kita yang tidak bisa terjamah oleh keterbatasan jangkauan, dikarenakan sebuah kewajiban.

 HANNA ENKA
(Penulis)
21 Tahun

Saya misalnya, seorang Ibu rumah tangga berusia dua puluh satu tahun dan mempunyai dua anak yang masih bayi. Di usia segitu, tentu siapa pun mengerti, kalau saya masih sangat muda. Masih suka melakukan banyak hal serupa yang dilakukan anak muda kebanyakan di luar sana. Yang aktif dan sibuk berkarya dan membuat sejarah.

Gaya hidup digital, berteman dengan internet, saya jadikan sebuah media untuk menjembatani saya menjadi apa yang saya mau. Saya menyalurkan ide dengan memanfaatkan semua kesempatan dan media yang ada untuk melangkah sejauh manusia lain yang bisa berjalan lepas dengan kedua kaki mereka di luar sana.

Saya punya hobi menulis. Dan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, saya menyalurkan semua hobi saya itu menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Awalnya, hanya sebatas lewat blog. Mem-posting beragam tulisan, iseng main twitter menambah link teman-teman yang hobi menulis, hingga akhirnya saya mengajukan tender naskah untuk membuat buku di sebuah penerbit mayor. Dari hobilah saya dapat melahirkan buku yang saya tulis sendiri. 

Buku non-fiksi pertama yang saya terbitkan secara self-publish tahun 2014 dan novel fiksi pertama saya yang akhirnya mejeng di rak seluruh toko buku di Indonesia sejak awal 2015. 

Tidak hanya itu, saya juga menjadi lebih leluasa menulis karena adanya aplikasi Wattpad yang sangat bermanfaat untuk menyalurkan bakat yang saya miliki di sela-sela waktu senggang saya.

 SHARE (A) TEA
Novel Wattpad (@HannaEnka)

 Novel Fiksi Pertama
Hanna Enka
Penerbit: Mazola
Tahun: 2015


Novel Non-Fiksi Pertama
Tahun: 2014
Hanna Enka
Nulisbuku

Bukan hanya hobi saya dalam menulis. Saya juga menyalurkan hobi saya di bidang seni menggambar dan seni memasak. Media online yang terbuka lebar, luas dan berada di jangkauan semua orang, membuat saya lebih mudah untuk mengekspresikan diri menjadi apa yang saya mau. Sistemnya juga tidak repot, mengingat system online semuanya tersedia; mulai dari service, promotion, hingga hal yang paling praktis COD (cash on delivery) yang membuat kita tak perlu-perlu bergerak banyak. Hanya cukup menjajakan kreasi dengan kreatif.







BISNIS KULINER HOMEMADE
Instagram: @Locavorehomemade
Dimulai tahun 2015




BISNIS DESAIN/CRAFTING/ILUSTRASI
Info Instagram: @Mrspachee
               

Berikut saya bagikan manfaat yang bisa kita ambil dari memanfaatkan gaya hidup digital di jalan yang positif:

  • ·         BERKREASI DAN BELAJAR DARI RUMAH

Siapa bilang Ibu rumah tangga mati gaya? Kerjanya hanya seputar rumah, anak, suami, itu-itu aja? Saatnya move on. Media viral internet ada untuk dimanfaatkan. Dari ide, kembangkan menjadi usaha. Kita bisa menjadi apa yang kita mau. Think smart!

  • ·         MELATIH KREATIVITAS

Tentunya. Melatih kreativitas kita untuk bersaing dengan sejumlah pengusaha lain. Banyak loh, usaha-usaha kecil yang terlahir dari tangan Ibu-ibu muda yang kerja di rumah. Homemade dan Handmade. Kualitasnya juga tidak kalah sama yang ada di pasaran secara nyata.

  • ·         PENYALUR HOBI

Banyak aktivitas yang bisa kita kerjakan lewat berbagai media. Jangan hanya memanfaatkan media sosial untuk ajang update, publish dan pamer. Tapi, jadikan media untuk belajar dan menempa diri. Jadikan internet sebagai media yang memudahkan kita untuk menyalurkan mimpi, mengapresiasikan diri dalam berbagai kegiatan bermanfaat dan menjadi media untuk kita berekspresi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Entah menulis, menggambar, menjual, mengikuti lomba yang melibatkan kreativitas dan dapat hadiah, atau masih banyak lagi. Sungguh, jika dipikirkan secara baik, manfaatnya banyak, loh!

  • ·         KREATIF DAN INOVATIF

Percayalah, kita tidak akan kalah dengan Ibu-ibu lainnya di luar sana. Karena adanya internet kita jadi bisa mengembangkan ide kreatif secara luas dan lebih inovatif. kita bisa belajar banyak ilmu lainnya tanpa batas dan juga lebih praktis.

Manfaat lain adalah; selain kita bisa menikmati waktu dengan lebih menyenangkan, kita bisa menjadikan cara ini sebagai media mendidik anak untuk berbagi pengalaman dan belajar bersama.

Siapa bilang seorang Ibu muda tidak bisa apa-apa? Justru karena kita muda, maka kita harus memanfaatkan pemikiran kita yang masih fresh dan tenaga kita yang besar untuk berkarya apa pun bentuknya.

Semoga bisa menginspirasi banyak Ibu-ibu muda di luar sana.


“Orang berpikir, karena kita sudah punya anak, maka kita tidak pantas berlaku selayaknya anak muda yang hobi melakukan banyak hal baru, berkarya dan tak henti berkreasi. Padahal, kita hanya berusaha mengekspresikan diri menjadi apa yang kita mau. Menjadi diri kita sendiri. Membuat cerita, untuk anak-anak kita di masa depan. Jadi, jangan dengar apa kata orang. Toh, siapa pun, punya hak yang besar untuk tidak berhenti berkarya dan berekspresi, walau sudah menjadi seorang Ibu sekali pun. Suatu saat, anak kita akan bangga, karena Ibunya bukanlah Ibu yang biasa-biasa saja. Ibu adalah cerminan untuk anaknya di masa depan. Jadi, semangat yaaaaa… para Mama.” – Hanna Enka.

Detail lomba: http://bit.ly/LombaRockingMama
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Konten Viral “Digital Lifestyle” supported by Indihome.”

No comments:

Post a Comment

Leave comments here!