Saturday, January 3, 2015

Hear from you and for our youth!

Halo!
Selamat tahun baru 2015!
Ini adalah artikel kedua yang saya tulis di tahun ini.
Jadi gini, tahun ini, saya akan merilis sebuah buku berjudul "Be A Better YOU!" yang isinya adalah seputar permasalahan yang terjadi di sekitar kita dan anak muda Indonesia, tipe-tipe anak muda, berbagi pengalaman dari beberapa anak muda Indonesia dalam berbagai aspek bidang, minat dan bakat, juga seputar pelajaran yang saya dapat ketika mengikuti IYC 2014 pada November kemarin.

Di dalam buku ini ada beberapa hal penting yang patut untuk diketahui oleh anak muda dalam mengembangkan kemampuannya dalam komunitas, berlembaga maupun berorganisasi. Di antaranya :
- Pentingnya mengetahui otonomi dari tiap daerah
- Volunteering
- Communication dan presentation skill
- Leadership
- Sharing
- Teamwork and team building
- Fundraising and financial management
- Media Networking
- Project Management
- And some inspirational stories from Another youth In different island.

Khusus di dalam daerah, di Sulawesi Tengah, kota Palu, saya akan merangkai kan acara launching buku ini dengan membicarakan seputar permasalahan tentang "keberlanjutan komunitas dan minat anak muda kota Palu yang tidak sejalan." Masalah komunitas inilah yang saya angkat sebagai isu ketika saya datang ke Jakarta beberapa bulan yang lalu. Besar harapan saya, ada anak-anak palu yang sehati dan sepemikiran mau ikut bergabung bersama untuk berbagi masalah dan berbagi solusi.

Dalam acara ini, saya mengadakan tiketing, dengan batasan 50 orang yang tiketnya bisa di dapat di : https://wujudkan.com/project/saveouryouth-beabetteryou/view

Silakan pilih harga mana yang sesuai dengan merchandise limited edition yang kalian inginkan. Untuk wilayah palu kalian akan mendapatkan undangan untuk hadir dalam forum terbuka ini.

Terbuka saja, harga di situ mencakup harga ongkos kirim, mengingat percetakan buku untuk dalam daerah itu belum ada yang mempunyai kualitas yang baik. Sehingga, mengharuskan saya untuk memesan di luar pulau.

Apakah saya meminta kamu membeli buku saya untuk memberikan saya keuntungan?
TIDAK. Saya mempaketkan buku tersebut dengan harga tiket forum sekalian dengan biaya produksi, ongkir, snack dan juga merchandise limited edition dan itu sudah harga minim yang saya jadikan standar mengingat sumber daya produksi kita juga minim di dalam daerah. Buku Be A Better YOU! Berisi tentang ilmu dan pelajaran yang semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk berbuat hal yang baik, kreatif dan menginspirasi bagi orang lainnya. Hasil royalti buku, sepenuhnya akan saya donasikan untuk kegiatan sosial dan untuk berbagi dengan anak-anak disabilitas yang ada di dalam daerah kita.

Kenapa harus anak-anak penyandang disabilitas?
Tahukah kamu? Beberapa bulan yang lalu, pihak dari gubernur telah menyelenggarakan deklarasi pendidikan inklusi, yang bertujuan untuk membuka kesempatan bagi anak-anak disabel untuk bersekolah di sekolah yang sama dengan anak normal lainnya. Dibandingkan dengan kita memberikan sumbangan kepada orang-orang yang juga membutuhkan Tetapi diragukan kejelasannya, lebih baik kita berbagi dengan anak-anak yang benar-benar membutuhkan dan jelas tujuannya. Saya mengamati, di dalam daerah, banyak anak-anak yang memang merupakan golongan ekonomi ke bawah yang membutuhkan uluran tangan. Mereka diminta untuk meminta sumbangan dari rumah ke rumah dengan membawa nama  panti misalnya, tanpa kita pikirkan apakah mereka benar-benar ada ataukah tidak? Namun, kepedulian kita sebagai manusia sangatlah besar, sehingga memberi itu tanpa pertimbangan. Padahal kita tahu, bahwa bagaimana jika bantuan itu malah salah tempat?

"Tidak harus menunggu tua untuk peduli dengan sekeliling kita. Tidak perlu menunggu tua, untuk melakukan kegiatan beramal. Tetapi, lakukanlah sekarang, hari ini. Di usia muda ketika kamu belajar dan tumbuh dewasa. Tidak harus kepada anak-anak yatim piatu kita berbagi. Kepada mereka yang memiliki keterbatasan pun kita bisa. Karna berbagi dengan mereka yang tidak seberuntung kita, itu akan membuat orang lain yang membutuhkan mendapatkan sebagian dari kebahagiaan yang kita dapatkan."

Apa yang akan dibahas dalam acara forum tersebut?
Judulnya: "Dimulai dari saya, lalu ke orang lain. Mendengar suara dari anak muda lainnya."
Saya jujur, ingin sekali komunitas yang ada dalam daerah ini berinovasi dan tidak begitu-begitu saja. Saya memperhatikan, terkadang kita ingin membuat banyak hal, namun sayang daerah tidak mendukung dan minat anak muda lainnya sangat-sangat minim. Maka, di sinilah saya terpikir. "Jika tidak dimulai dari diri kita sendiri, maka orang lainnya tidak akan pernah tergugah hatinya dan memilih untuk menjadi orang yang apatis dan hanya menikmati apa yang sudah ada di dalam daerahnya tanpa mau bergerak untuk mengembangkannya."
Karna inilah, muncul ide saya untuk menggagas FYC - festival youth of Celebes, yang jika semua anak muda kota palu setuju, akan diselenggarakan dalam jangka setahun sekali dan dapat juga jadikan salah satu ciri khas dan cara untuk membuat anak muda kita berinovasi. Apa-apa saja yang ada di FYC?
- kita bisa berbagi mimpi, dan berkolaborasi
- semua komunitas bisa hadir, mempertunjukkan kemampuan yang menjadi bakat dari masing-masing komunitas
- kita bisa mendapatkan generasi penerus yang mau ikut bergelut dan mencari komunitas yang sejalan dengan minat dan bakat mereka tiap-tiap orang
- kita juga bisa mendapatkan pemasukan untuk mengembangkan program komunitas
- siapa yang menyangka, seleksi alam yang terjadi di tiap komunitas itu bisa tersolusikan
- komunitas yang ada bisa lebih kreatif dan belajar untuk mengembangkan diri semakin baik
- budaya pun bisa lestari dikemas dengan ide ide kreatif anak muda

Banyak yang bisa kita lakukan di FYC, entah mengadakan forum dengan mengajak pemateri luar biasa, pentas seni, musik, drama, expo, artspace, Soalpalu awards, dll. Ini adalah salah satu solusi untuk membuat perubahan besar. 

Jika bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi? Jika bukan dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Perubahan itu bukan sekedar diharapkan, dimimpikan, diminta atau ditunggu. Tetapi perubahan itu dibuat dan dilakukan. Karna itu mereka nyata dan ada.

Salam,
HANNA ENKA
Penulis & Duta Indonesian Youth Conference (IYC) Prov. Sulawesi Tengah 2014

No comments:

Post a Comment

Leave comments here!